Sejarah Software ERP dan Pilihan Software ERP Indonesia Terbaik

Oktober 02, 2019


Aisyah - Jika bicara masalah efisiensi dan akurasi data, Soltius ERP merupakan pilihan software ERP Indonesia terbaik saat ini. 

Namun sebelum membahas keunggulan Soltius ERP lebih lanjut, tidak ada salahnya kita telusuri sejarah ERP hingga menjadi software andalan pengusaha untuk mengendalikan aktivitas operasional perusahaan.

Penerapan Konsep ERP Sejak tahun 1960

Istilah ERP (Enterprise Resource Planning) muncul tahun 1990 yang diciptakan oleh Gartner Group. Kendati demikian konsep ERP sendiri sudah ada sejak tahun 1960 silam. Waktu itu konsep ERP khusus diterapkan untuk manajemen inventaris serta kontrol pada industri manufaktur. 

Untuk ERP ini pengembang software membuat program untuk memonitor inventaris lalu merekonsiliasi saldo untuk kemudian melaporkan status. Pada era 70-an program ERP ini bermetamorfosa menjadi MRP (Material Requirements Planning) untuk schedule proses produksi. 

Masuk era 80-an MRP berkembang dalam cakupan lebih luas termasuk didalamnya proses manufaktur. Perkembangan tersebut membuat nama MRP berubah menjadi MRP-II, singkatan dari Material Resource Planning. 

Pada tahun 1990 sistem MRP-II memiliki fungsi lebih luas. Tentunya diluar fungsi sebelumnya seperti manajemen inventaris serta proses operasional lainnya. Perluasan fungsi ini mencakup fungsi back-office lainnya seperti manajemen keuangan, manajemen proyek, permesinan, dan SDM. 

Era 1990-an inilah istilah sistem tersebut berubah menjadi ERP dan tidak berubah hingga sekarang. Sejalan dengan itu kemudian bermunculan sederet software ERP Indonesia yang diciptakan oleh beberapa pengembang.

Pembaharuan Sistem Sejak Muncul Permasalahan KOmputer Y2K

Masih di tahun 1990 muncul permasalahan komputer Y2K serta pengenalan Uero. Oleh sebab itu berbagai perusahaan kemudian memperbaharui sistem mereka. Tak sedikit yang benar-benar merubah sistem perusahaan dengan mengadopsi solusi ERP. 

Selanjutnya pada tahun 1998 berdiri NetSuite dengan terobosan baru yaitu menciptakan sistem yang dapat dioperasikan melalui jaringan internet. 

Memasuki tahun 2000-an pengembang ERP yaitu Gartner Group merubah ERP menjadi ERP II. Nah, ERP II inilah yang menjadi tonggak ERP berbasis cloud pertama sekaligus sebuah sistem yang menawarkan fleksibilitas tingkat tinggi. 

Saat ini sistem ERP SaaS (Software-as-a-service) lebih banyak digunakan oleh penggiat bisnis UKM karena mobilitasnya lebih tinggi, disamping harganya juga sangat terjangkau.

Seperti yang disebutkan sebelumnya Soltius ERP adalah software ERP Indonesia terbaik saat ini. Mengapa harus Soltius ERP? Soltius Software ERP dilengkapi fitur terlengkap sehingga setiap proses bisnis dilakukan secara otomatis. Tampilan data yang dihasilkan lebih cepat dan akurat. Privasi pengguna menjadi prioritas sehingga kerahasiaan data tetap terjaga. Gunakan Soltius Software ERP untuk memantau aktivitas operasional perusahaan Anda.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »