Penjelasan tentang Reksadana Tertutup dan Terbuka

November 08, 2019

Mungkin bagi sebagian orang, reksadana menjadi hal yang cukup jarang dikenal dan diketahaui. Padahal, reksadana adalah salah satu bentuk investasi yang cukup menjanjikan untuk masa depan. Apalagi reksadana tergolong salah satu bentuk investasi yang cukup aman dan kecil kemungkinan mengalami kerugian.

Yap, Reksadana sendiri merupakan bentuk investasi dimana sejumlah investor akan menginvestasikan dana dalam satu tempat yang sama. Nantinya himpunan dana itu akan dikelola oleh Manager Investasi yang telah terdaftar di OJK dan akan disebar ke beberapa tempat untuk diinvestasikan secara merata.

Reksadana sendiri terbagi menjadi dua karaketeristik, yaitu reksadana terbuka dan tertutup. Reksadana terbuka sendiri adalah reksadana yang nantinya bisa dijual kembali kepada Perusahaan Manajemen Investasi yang sebelumnya telah menerbitkan reksadana tersebut tanpa melalui mekanisme perdagangan di bursa efek. 

Harga jual reksadana ini sendiri biasanya sama seperti nilai aktiva bersih yang sebelumnya sudah ada. Sebagian besar reksadana yang tersedia saat ini adalah reksadana terbuka. Dengan kata lain, reksadana ini dinilai lebih fleksibel untuk kedua belah pihak.

Reksadana yang satunya adalah reksadana tertutup. Reksadana tertutup adalah bentuk reksadana kebalikan dari reksadana terbuka. Dengan kata lain, reksadana ini dinilai lebih kaku dan jarang dimiliki oleh beberapa orang.

Jika Anda tertarik untuk melakukan investasi reksadana ini, Anda pun dapat melakukannya dengan mudah dan praktis. Pasalnya, Anda tak perlu datang langsung ke tempat penyedia reksadana. Anda pun cukup melakukannya secara online saja dan salah satu penyedia platform reksadana online terbaik dan aman adalah Tanam duit.

Tanamduit ini sendiri menyediakan aplikasi untuk Anda yang ingin melakukan investasi reksadana dengan cara cepat, aman dan terjamin. Terlebih lagi, tanamduit telah terdaftar di OJK dan banyak menjalin kerjasama dengan banyak perusahaan investasi yang terpercaya pula.

Selain menyediakan reksadana online terbaik, Tanamduit juga menyediakan jasa asuransi yang unik dan berbeda, yaitu investasi asuransi dan reksadana. Yap asuransi hewan ini sendiri pun juga bisa dikatakan sebuah inovasi baru bagi para pencinta hewan. Terlebih dengan adanya asuransi hewan ini, maka hewan peliharaan Anda pun juga dapat terlindungi dengan baik.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »