Inilah Makanan yang Mengandung Asam Folat yang Baik untuk Kesehatan Janin Anda

Desember 02, 2019


Aisyah - Asam Folat adalah salah satu vitamin yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil, bahkan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang mempersiapkan kehamilan atau sedang program hamil. Apa sih sebenarnya asam folat itu? Apa kegunaannya? Dan terdapat di bahan makanan apa sih?. Asam folat atau yang kadang disebut folat adalah nama lain dari vitamin B9 yang mana merupakan salah satu dari jenis vitamin B kompleks. Sama hal nya dengan vitamij B yang lain, vitamin B9 atau asam folat atau folat ini sangat bermanfaat bagi kesehatan sistem saraf terutama untuk janin yang sedang berada dalam kandungan dan juga untuk membantu mengolah lemak dan karbohidrat dalam tubuh. Lah dari sekian kegunaan yang paling penting dalam pertumbuhan janin adalah untuk pembentukan sususan saraf dan organ penting pada janin. Ibu hamil yang kekurangan asam folat berisiko melahirkan anak dengan kelainan organ penting terutama otak bisa berupa unencephali yaitu tempurung otak yang tidak terbentuk atau spina bifida yaitu sumsung tulang belakang yang keluar atau bisa juga terjadi gagalnya penutupan sel-sel yang akan menyebabkan bayi yang lahir mengalami bibir sumbing. Karena akibat yang fatal itu maka ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi asam folat bahkan sejak sebelum hamil atau saat program hamil karena apa karena pembentukan organ vital janin terjadi pada minggu-minggu awal kehamilan dan kebanyakan ibu tidak mengetahui jika dirinya hamil maka untuk mengantisipasi hal tersebut maka dianjurkan mengkonsumsi asam folat sejak sebelum hamil atau pada pasangan yang baru saja menikah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Asam folat dapat kita dapatkan dari suplemen vitamin yang tersedia di apotek atau pun dari bahan makanan yang mengandung asam folat tinggi. diantaranya adalah:

1. Legum 

Legum adalah tumbuhan polong yang berupa buah atau biji-bijian. Yang termasuk legum diantaranya adalah kacang, kacang poling, dan lentil. Dalam satu cangkir kurang lebih 117 gram kacang merah mengandung asam folat sebanyak 131 mikrogram, sedangkan satu cangkir lentil atau 198 gram mengandung asam folat sebanyak  358 mikrogram.

2. Asparagus 

Dalam setengah cangkir asparagus mengandunh 134 mikrogram asam folat.

3. Telur

Satu telur dengan ukuran besar mengandung 23.5 mikrogram asam folat.

4. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan arugula termasuk sayuran hijau yang memiliki kandungan asam folat yang tinggi.

5. Jeruk

Buah-buahan seperti jeruk lemon, jeruk buah biasa, atau jeruk limau memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Yaitu pada satu buah jeruk yang besar bisa mencapai 55 mikrogram aaam folat.

6. Kubus Brussel 

Kubis brussel atau brussels sprouts adalah sayur yang menganfung asam folat yang tinggi yaitu pada setengah mangkuk kubis brussel memiliki kandungan 47 mikrogram asam folat.

7. Brokoli 

Brokoli adalah sayuran yang dikenal dengan kandungan gizi yang tinggi termasuk asam folat. Dalam satu sajian brokoli matang mengandung 84 mikrogram asam folat.

Demikian, itu tadi jenis-jenis bahan makanan yang memiliki kandungan asam folat tinggi yang dapat anda gunakan sebagai asupan makanan sehari-hari dan lebih terkhusus saat hamil yang mana tubuh anda dan janin yang anda kandung sangat membutuhkan asupan asam folat yang tinggi. Tapi ingat ya bu ibu, walaupun makanan-makanan tersebut memiliki kandungan asam folat yang tinggi tapi anda tudak cukup hanya dengan mengkonsumsi makanan tersebut, anda perlu menambah dengan asam folat dalam bentuk tablet vitamin yang telah diukur kadarnya karena saat hamil kebutuhan asam folat anda cukup tinggi dan ditakutkan asam folat dalam bahan makanan yang anda konsumsi ada yang rusak akibat dari proses memasak dan lain sebagainya. Dalam sehari saat hamil membutuhkan asupan asam folat sebesar 400-600 mikrogram. Semangat bu ibu!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »