Mengenal Panel Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Februari 15, 2020


Penggunaan energi listrik saat ini yang semakin tinggi, tentunya harus diimbangi dengan penyediaan pasokan listrik yang sesuai. Bisakah Anda bayangkan bagaimana jadinya jika pasokan listrik habis atau terbatas? Maka, kebiasaan Anda sehari-hari yang berkaitan dengan listrik akan berhenti tiba-tiba. Begitupula dengan kegiatan operasional perusahaan yang tidak terlepas dari listrik akan mati total. Jika demikian, bagaimanakah solusinya? Adakah cara lain mendapatkan energi listrik selain dari PLN? Ya, seperti kita tahu jika energi listrik saat ini disediakan oleh perusahaan BUMN PLN.

Beruntungnya kita para konsumen energi listrik karena ada teknologi lain untuk memasok listrik melalui pasang solar panel. Apakah solar panel itu? Sesuai namanya, maka energi listrik yang dihasilkan berasal dari energi solar atau matahari. Prinsip dasar kinerja tenaga surya ini adalah sebagai berikut. Pertama, sinar-sinar matahari akan diserap oleh panel-panel tenaga surya. Kemudian, sinar matahari tersebut akan disimpan terlebih dahulu sebelum akhirnya diproses. Proses pengolahan sinar matahari yaitu dengan cara mengubah foton menjadi energi listrik. Proses pengolahan tersebut dinamakan photovoltaic (PV). 

Penggunaan teknologi solar panel ini sangat didukung oleh pemerintah karena selain ramah lingkungan, solar panel juga cocok diterapkan di lingkungan Indonesia. Ya, Indonesia merupakan negara kepulauan yang terletak di garis khatulistiwa. Artinya, sinar mahatari sangat mudah diperoleh, sehingga photovoltaic akan berlangsung terus menerus. Berbeda dengan belahan dunia utara atau selatan yang minim akan sinar matahari akan sulit mendapatkan listrik dari proses solar panel.

Berkat adanya teknologi solar panel ini, maka kebutuhan listrik akan terpenuhi dan pemerataan pasokan listrik di Indonesia bisa segera tercapai. Nah, bagi Anda yang ingin memanfaatkan teknologi panel surya untuk mendukung ketersediaan energi listrik bisa segera mendapatkannya di Sewatama.

Selengkapnya, bisa kunjungi situs resminya di https://sewatama.com/id/. Selain menyediakan teknologi surya, Sewatama juga menyiapkan jasa kelistrikan lainnya seperti sewa genset berkualitas dan mengusung teknologi energi hibrida modern. Sudah banyak industri-industri skala besar yang menggunakan jasa Sewatama untuk instalasi solar PV. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »