Tips Mencegah Penularan Virus Korona Setelah Bepergian

Mei 23, 2020

Sejak virus korona menjadi pandemi dunia, kini masyarakat dihimbau untuk lebih disiplin dalam menjaga kebersihan diri. Tentu, tujuannya adalah agar bisa terhindar dari penularan virus korona yang bisa mengancam nyawa. 

Untuk meminimalisir penyebaran virus korona, pemerintah sudah menerapkan aturan Work From Home (WFH). Namun, tidak semua orang bisa menikmati kesempatan WFH karena terpaksa harus tetap menjalankan tugas atau pekerjaannya di luar rumah. 

Tentu, beraktivitas di luar rumah memiliki risiko tinggi terhadap penularan virus korona. Oleh karena itu, sangat penting untuk menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari penularan virus korona setelah bepergian.

Beragam Cara Mencegah Penularan Virus Korona Setelah Bepergian
Berikut ini adalah beberapa protokol kesehatan yang wajib dipatuhi setelah bepergian dan beraktivitas di luar rumah agar terhindar dari bahaya penularan virus korona:

1. Lepas alas kaki di luar rumah

Setelah tiba di rumah, pastikan untuk tidak langsung masuk ke rumah dengan menggunakan alas kaki. Alas kaki seperti sandal, sepatu, beserta kaos kaki harus dilepas di luar rumah dan jangan dibawa masuk ke dalam rumah. 

Mengapa? Karena alas kaki tersebut bisa jadi membawa bakteri atau virus. Oleh sebab itu, sebaiknya lepas alas kaki di luar rumah dan masuk ke rumah tanpa menggunakan alas kaki.

2. Buang masker dan tanda terima pembelian

Setelah belanja di toko swalayan, biasanya akan mendapatkan struk atau bukti pembayaran. Sebelum masuk ke dalam rumah, semua bukti pembayaran semacam ini harus segera dibuang karena memiliki kemungkinan membawa virus atau penyakit lainnya.
Begitu pula dengan masker sekali pakai, harus segera dibuang ke tempat sampah tertutup yang ada di luar rumah. Sebelum dibuang, masker sekali pakai juga harus dihancurkan terlebih dahulu dengan cara digunting dan dimasukkan ke dalam plastik.

3. Cuci tangan dan semprotkan disinfektan

Setelah bepergian, jangan pernah menyentuh benda apa pun apalagi bersentuhan dengan anggota keluarga. Sangat disarankan untuk mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun dan air mengalir minimal selama 20 detik. 

Selain itu, semprotkan alkohol atau desinfektan pada ponsel, pakaian, kunci, kacamata, tas, sepatu, dan benda lainnya yang digunakan saat bepergian. Hal ini bertujuan untuk membunuh virus atau dari bakteri benda-benda tersebut.

4. Segera mandi dan ganti pakaian

Sebelum beristirahat dan berkumpul dengan anggota keluarga di rumah, pastikan untuk segera mandi dan ganti pakaian dengan baju yang baru atau bersih. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa badan sudah benar-benar bersih dan bebas dari virus atau pun bakteri yang dibawa dari luar rumah. Pastikan untuk membersihkan badan mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki agar semua kuman hilang.

5. Rendam dan cuci pakaian kotor

Semua pakaian yang telah digunakan untuk bepergian ke luar rumah tidak boleh digunakan kembali. Pakaian kotor tersebut harus segera direndam menggunakan detergen dan segera dicuci. Virus dan bakteri sangat mungkin menempel pada pakaian selama bepergian dan beraktivitas di luar rumah. Oleh karena itu, semua pakaian harus langsung dicuci agar meminimalisir penyebaran virus, bakteri, atau kuman di dalam rumah.

Jika semua protokol kesehatan tersebut sudah dijalankan, barulah kita bisa menyapa dan berkumpul dengan keluarga lainnya. Menerapkan protokol ini sangat penting demi menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga. Semua protokol kesehatan tersebut wajib dipatuhi jika masih harus beraktivitas di luar rumah. Dengan menerapkan aturan tersebut, maka akan terasa lebih aman dari ancaman penyebaran virus korona.

Oh ya, untuk informasi lengkap mengenai virus korona kamu juga bisa melihat di website Halodoc.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »