Ini Dia Alasan Utama Kamu Harus Melanjutkan Kuliah

Agustus 19, 2020

Sumber: fastpay.co.id

Saat ini banyak sekali perdebatan yang terjadi seputar alasan penting atau tidaknya melanjutkan kuliah. Meski jika dilihat dari antusiasme anak muda yang melakukan pendaftaran Politeknik Sahid, ternyata masih banyak yang menganggap melanjutkan kuliah itu penting sifatnya. Tentu mereka memiliki pertimbangan tersendiri dalam hal tersebut. 

Alasan Utama Pentingnya Melanjutkan Kuliah Baik Di Universitas Negeri Atau Swasta

Melanjutkan sekolah dengan kuliah memang bisa dibilang masih menjadi hal yang penting sifatnya untuk memperbaiki masa depan. Namun dalam hal ini yang perlu diperbaiki terlebih dahulu adalah pola pikir yang sudah terlanjur salah kaprah. Dimana banyak yang beranggapan untuk masa depan yang lebih baik harus dengan kuliah di universitas ternama. Padahal kuliah di universitas ternama belum menjamin masa depan yang lebih baik. Berikut alasan utama melanjutkan kuliah itu penting meski bukan di universitas ternama. 

1. Lulusan S1 lebih dihargai

Sudah menjadi rahasia di masyarakat umum, jika lulusan SMA saja biasanya akan dipandang sebelah mata tak seperti lulusan kuliah. Hal ini bisa terlihat dari persyaratan yang banyak diminta oleh perusahaan atau tempat bekerja yang menetapkan minimal pendidikan adalah S1. 

2. Peluang kerja lebih besar

Dengan melanjutkan pendidikan di tingkat kuliah maka Kamu akan mendapatkan peluang untuk kerja yang lebih besar. Bahkan Kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang sudah lama diimpikan sejak lama. Kesempatan bekerja dengan karir yang menjanjikan juga terbuka lebih lebar jika Kamu melanjutkan kuliah. 

3. Pola pikir yang lebih terstruktur dan terbuka

Melanjutkan pendidikan di tingkat kuliah akan membuat Kamu memiliki pola pikir yang lebih terstruktur dan terbuka. Oleh karena itulah banyak yang ingin memperkerjakan karyawan lulusan kuliahan karena biasanya pola pikir mereka jauh lebih dewasa, terbuka dan lebih memiliki inisiatif ketimbang hanya lulusan SMA. 

4. Mendapatkan ilmu pengetahuan untuk melakukan perubahan

Dengan kuliah maka Kamu akan mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih banyak dalam bidang jurusan yang Kamu pilih. Pemilihan jurusan yang dilakukan pada saat pendaftaran kuliah menjadi titik penting dalam proses kuliah Kamu. Ilmu tersebut bisa langsung diaplikasikan atau dipraktikkan setelah lulus kuliah sehingga bisa membuat perubahan ke arah yang lebih baik dalam hidup Kamu. 

5. Bertemu dengan lebih banyak orang

Dengan melanjutkan kuliah maka Kamu akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bertemu dengan lebih banyak orang. Teman kuliah Kamu akan berasal dari berbagai daerah, berbagai budaya dan berbagai sifat yang akan Kamu pelajari sebagai bekal hidup dalam masyarakat nanti. 

6. Belajar untuk lebih mandiri

Dan alasan melanjutkan kuliah yang terakhir adalah untuk belajar hidup mandiri. Kehidupan perkuliahan tentu berbeda dengan kehidupan di sekolah SMA. Dimana dalam proses kuliah semua hal harus ditangani sendiri, setiap mahasiswa bertanggung jawab pada pendidikannya sendiri sehingga jika kuliah tak lulus-lulus maka keseriusannya dipertanyakan. 

Tips Agar Sukses Setelah Kuliah Dan Berkarir Dengan Baik

Nah sekarang pertanyaannya adalah bagaimana caranya agar supaya bisa sukses setelah kuliah dan berkarir dengan baik meski tak kuliah di universitas ternama. Ada beberapa tips yang bisa Kamu ikuti dalam hal ini. Yang pertama adalah dengan memilih tempat kuliah yang bagus dari segi tenaga pendidik dan kualitas lulusannya terbaik. Saat ini banyak sekali tempat kuliah yang terdiri dari universitas ternama hingga sekolah tinggi yang memiliki tenaga pendidik dan kualitas lulusan yang terbaik. Kamu hanya perlu untuk menyesuaikannya dengan jurusan pilihan dan minat serta bakat Kamu. 

Sesuaikan pemilihan jurusan dengan bakat dan minat kamu agar supaya ilmu yang Kamu dapatkan benar-benar bisa bermanfaat dan langsung bisa diaplikasikan dalam hidup Kamu nanti. Dengan begitu Kamu akan lebih mudah untuk mengembangkan potensi diri yang Kamu miliki. 

Tips selanjutnya adalah dengan memastikan untuk menyelesaikan kuliah dengan serius. Ikut aktif dalam kegiatan ekstra atau intrakurikuler tak masalah asalkan Kamu punya komitmen tersendiri untuk menyelesaikan kuliah tepat pada waktunya. Kemudian yang terakhir adalah cari teman dan pengalaman sebanyak-banyaknya saat kuliah. Karena hal itu akan sangat bermanfaat setelah Kamu lulus kuliah nanti. Jadi bagaimana? Ingin segera melanjutkan kuliah? Yuk cari informasinya di goKampus.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »