5 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Oktober 20, 2020


Jahe merah merupakan bahan yang digunakan untuk bumbu dapur dan bisa menjadi salah satu tambahan untuk banyak olahan masakan. Selain itu jahe juga dikenal mempunyai manfaat untuk membuat proses diet menjadi lebih efektif karena dapat menekan rasa lapar hingga mempercepat efek thermal sehingga mengurangi berat badan lebih efektif. Jahe merah selain dapat bagus untuk diet juga bisa mempunyai manfaat lainnya untuk kesehatan. Seperti beberapa manfaat jahe merah yang bisa Anda dapatkan berikut ini:
 

1.    Pereda nyeri

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari jahe merah adalah dapat menjadi pereda nyeri dengan efektif. Jahe merah ini sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang sering merasa pegal dan juga nyeri otot setelah melakukan kegiatan. Dengan mengkonsumsi rebusan jahe, nantinya hal tersebut akan dapat mengurangi rasa nyeri yang dirasakan. Hal tersebut bisa didapatkan karena jahe merah mempunyai manfaat sebagai pereda nyeri. Dengan manfaat ini juga akan sangat bisa membantu wanita yang mengalami nyeri ketika haid menjadi lebih baik karena bisa meredakan nyeri di bagian perut hingga paha yang dirasakan menjelang dan selama masa haid.
 

2.    Mengurangi mual

Dengan mengkonsumsi jahe merah juga akan sangat membantu untuk mengurangi mual. Anda bisa untuk mengkonsumsi bahan ini dengan berbagai cara untuk membantu mengurangi rasa mual yang dirasakan, baik dengan langsung dimakan atau juga dijadikan minuman hangat. Manfaat ini sangat bagus untuk berbagai kondisi kesehatan seperti misalnya bagi Anda yang mengalami mual ketika di perjalanan. Selain itu jahe merah ini juga bisa digunakan untuk mengatasi mual karena penyakit vertigo yang kambuh. Terakhir jahe merah juga efektif untuk dapat mengatasi rasa mual yang disebabkan oleh kondisi kesehatan lainnya seperti morning sickness yang dialami oleh ibu hamil.
 

3.    Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan dari jahe merah adalah dapat untuk mengatasi masalah pencernaan. Hal tersebut karena jahe merah mempunyai kandungan phenolic sehingga mempunyai fungsi untuk meredakan iritasi gastrointestinal. Jahe merah juga dapat mencegah kontraksi pada perut, melancarkan pergerakan makanan di pencernaan, dan dapat menstimulasi produksi air liur lebih baik. Selain manfaat tersebut, jahe merah juga mempunyai kandungan carminative yang dapat untuk mengeluarkan gas berlebihan dalam sistem pencernaan. Sehingga jahe merah ini akan bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan yang dirasakan dari kolik hingga dispepsia.
 

4.    Antiradang

Salah satu manfaat yang sudah dikenal dari jahe merah adalah untuk mengatasi radang. Sehingga ketika Anda mengalami sakit tenggorokan hingga radang, sangat baik untuk mengkonsumsi air jahe hangat. Hal tersebut karena jahe merah mempunyai kandungan sifat antiradang yang mempunyai manfaat utama untuk melawan peradangan akut yang dialami. Jahe mempunyai kandungan gingerol, gingerdione, hingga zingeron yang mempunyai manfaat untuk menurunkan leukotrien dan prostaglandin yang bisa untuk memicu peradangan.
 

5.    Mencegah penyakit kulit

Manfaat jahe merah terakhir yang bisa Anda dapatkan adalah untuk mencegah penyakit kulit dan membantu detoksifikasi. Jahe merah juga mempunyai sifat diaphoretic yang dapat untuk membuat keringat keluar dari dalam tubuh. Hal ini akan bermanfaat untuk mengeluarkan racun dan juga baik ketika sedang mengalami demam hingga flu. Dengan keluarnya keringat tersebut dapat menjadi proses detoksifikasi dan mencegah terjadinya infeksi pada kulit. Manfaat ini bisa dirasakan karena jahe merah dapat untuk merangsang produksi protein dermciding yang dapat untuk melindungi tubuh dari bakteri.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »