Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Nafas Bayi Berbunyi

Maret 17, 2021

 



Nafas bayi bunyi ini sebenarnya adalah hal biasa yang terjadi pada bayi. Biasanya hal ini terjadi karena paru-paru bayi memerlukan adaptasi pada lingkungannya. Bagi para Bunda jangan terlalu khawatir mengenai bunyi napas bayi.

Namun, jika bunyi tersebut disertai dengan penyakit yang lain seperti, demam, flu, mual dan lain sebagainya. Anda harus cepat mengatasinya. Untuk menangani hal tersebut Anda bisa mengikuti cara-cara yang akan dijelaskan berikut ini!

Langkah-Langkah yang Harus Diperhatikan Saat Nafas Bayi Bunyi

Cara berikut ini dapat membantu Anda menangani masalah nafas bayi bunyi. Namun, penanganan ini hanya berlaku bagi bayi yang tampak normal dalam hal lain tidak disertai dengan tubuh yang lemas maupun rewel.

        1. Mengeluarkan Lendir yang menumpuk pada Hidung

Anda bisa mengeluarkan lendir dalam hidung bayi. Cara mengeluarkannya dengan menggunakan air garam steril atau biasanya disebut larutan saline. Air garam tersebut Anda teteskan ke lubang hidung bayi sebelum mennyedotnya menggunakan alat penyedot lendir khusus bayi.

       2. Merawat Kelembapan dan Kebersihan Udara Sekitar

Selanjutnya Anda harus memastikan udara yang dihirup oleh bayi tidak terkontaminasi dengan hal-hal yang membuat kotor. Seperti, asap rokok, pembakaran sampah, parfum, asap kendaraan dan lain sebagainya. Anda bisa menggunakan alat pelembap udara untuk menjaga kelembapan udara di sekitar, seperti AC.

      3. Meletakkan Bayi pada Posisi yang Tepat saat Tidur

Yang harus Anda lakukan selanjutnya membiarkan bayi Anda tertidur dengan posisi telentang. Jangan biarkan ia tertidur dengan posisi tengkurap. Hal itu, bisa menyebabkan si bayi susah napas dan mengakibatkan SIDS.

      4. Memberikan Lebih Banyak ASI

Anda harus memberikan ASI yang lebih banyak untuk bayi. ASI tersebut dapat membantu bayi membentuk kekebalan tubuhnya. Selain itu, ASI juga dapat mencegah dehidrasi yang terjadi pada bayi.

Nah itu dia langkah-langkah yang harus Anda ikuti saat nafas bayi berbunyi, namun bayi masih dalam kondisi normal. Jika diikuti dengan gejala lainnya, Anda bisa membawa bayi ke rumah sakit.

Selain itu, di usianya yang masih kecil, ada saja gejala yang dialami oleh bayi selain nafas berbunyi. Kadang si kecil juga mengalami perut bayi kembung. Jika hal ini terjadi Anda bisa mengoleskan Sleek Baby Telon Oil pada perut bayi. Produk Sleek Baby ini dapat membantu menghangatkan perut bayi. Sehingga bayi tidak merasakan kembung lagi.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »