3 Trik Menemukan Recruitment yang Tepat Sesuai Bisnis

Agustus 28, 2021

 




 

Rekrutmen karyawan adalah salah satu tahapan penting untuk menemukan tenaga kerja terbaik bagi perusahaan. Berbagai cara pun dilakukan untuk mendapatkan kandidat yang tepat. Mulai dari kerjasama dengan beberapa kampus hingga memanfaatkan recruitment software.

 

Trik Menemukan Recruitment yang Tepat

 

Proses rekrutmen karyawan yang baik tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Selain memperhatikan value perusahaan, seorang rekruter juga perlu mendalami masing-masing lowongan pekerjaan sesuai kebutuhan divisi.

 

Setidaknya lakukan 3 trik rekrutmen berikut ini agar menemukan kandidat yang tepat.

 

1.     Tentukan Kualifikasi Lowongan Kerja Secara Detail

 

Trik pertama untuk mendapatkan kandidat terbaik dimulai dari menentukan deskripsi dan kualifikasi lowongan kerja yang tepat. Jika rekruternya sendiri belum memahami betul kandidat seperti apa yang ingin dicari, tentu kandidat yang mendaftar akan lebih bingung lagi.

 

Definisikan secara detail kualifikasi pekerja seperti apa yang dibutuhkan perusahaan Anda. Mulai dari kompetensi, skill, pengalaman, hingga syarat administratif seperti kelengkapan ijazah, sertifikat, dan sebagainya.

 

Anda bisa mengecek lowongan pekerjaan serupa dari perusahaan lain sebagai referensi. Menentukan kualifikasi secara detail akan memudahkan Anda dalam menemukan karyawan yang tepat.

 

Karena percuma jika banyak orang yang melamar, namun tidak memiliki kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Lebih baik tentukan batasan agar penjaringan kandidat tidak terlalu melebar.

 

2.     Atur Alur Rekrutmen yang Efektif 

 

Setelah menentukan kualifikasi secara detail, sekarang rencanakan alur rekrutmen yang akan dilakukan. Mulai dari publikasi iklan lowongan kerja, screening dokumen, hingga wawancara, psikotes, serta tes kemampuan.

 

Tentukan juga target waktu untuk menyelesaikan semua proses tersebut. Jangan biarkan mengambang atau sekadar mengalir mengikuti waktu. Karena jika tidak dibatasi dengan target waktu tertentu, proses rekrutmen cenderung molor hingga tak segera menemukan kandidat.

 

Anda bisa membuat kalender rekrutmen agar lebih memudahkan pengecekan jadwal. Jangan lupa juga untuk membagikan kalender tersebut ke beberapa divisi terkait yang ikut berperan dalam proses rekrutmen.

 

Misalnya saat penyelenggaraan tes kemampuan yang mengharuskan supervisor atau manajer terkait untuk ikut terlibat di dalamnya.

 

3.     Gunakan Software Rekrutmen yang Tepat

 

Setelah merencanakan alur rekrutmen secara detail, sekarang waktunya perekrutan. Selain memasang iklan lowongan kerja di berbagai saluran, Anda juga perlu mempertimbangkan software rekrutmen yang tepat.

 

Sehingga rekrutmen berjalan lebih praktis tanpa mengerjakannya secara manual. Jangan habiskan waktu, tenaga, dan biaya untuk menggunakan banyak software rekrutmen. Lebih baik fokus pada satu software yang memiliki kinerja terbaik dan dipercaya banyak pengguna.

 

Gunakan Shortlyst yang mempunyai lebih dari 600 juta profil kandidat dan bisa diakses dari seluruh dunia. Shortlyst juga didukung oleh teknologi AI super cerdas, sehingga proses rekrutmen berjalan lebih efektif dan efisien.

 

Menariknya lagi, Shortlyst dilengkapi berbagai fitur menarik untuk mempercepat proses rekrutmen. Mulai dari fitur tag rekruter hingga mengatur proses rekrutmen layaknya kerja tim.

 

Jika ingin menghubungkan aplikasi ke email, Slack, atau WhatsApp, Anda juga bisa mengintegrasikannya secara otomatis di Shortlyst. Dengan begitu, Anda tidak perlu susah payah saat berbagai dokumen antar platform.

 

Dari segi harga, Anda tidak perlu khawatir. Shortlyst menawarkan biaya yang sangat terjangkau, mulai 23 USD saja. Bahkan, harganya hanya 5% dari biaya software serupa yang disediakan oleh LinkedIn. Jadi lebih hemat kan? Kini tak perlu membuang lebih banyak uang lagi untuk proses rekrutmen.

 

Itulah 3 trik rekrutmen yang tepat agar pencarian kandidat karyawan berjalan lebih cepat dan efektif.   Libatkan Shortlyst sebagai recruitment software terbaik yang memudahkan penjaringan kandidat secara lebih tepat. Gunakan sekarang juga dan temukan karyawan terbaik untuk perusahaan Anda.

 

 

 

 

 

 

 

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »