7 Jenis Makanan Sehat Bergizi Yang Wajib Dikonsumsi Anak

Agustus 04, 2021

 






Anda tentu mendambakan anak yang sehat dengan gizi tercukupi. Ini bisa didapatkan lewat makanan sehat bergizi yang dikonsumsi anak setiap hari. Bagi Anda yang punya anak, penting untuk memberikannya makanan 4 sehat 5 sempurna.

Ada banyak jenis makanan di dunia ini. Orang tua tentu tidak boleh mewakilkan jenis makanan yang dikonsumsi anak. Cukup banyak kandungan nutrisi yang baik untuk perkembangan dan pertumbuhan anak baik tubuhnya maupun otaknya. Berikut ini beberapa makanan sehat bergizi yang wajib dikonsumsi anak setiap hari.

1.      Buah Dan Sayur

Penuhi kebutuhan buah dan sayur anak setiap hari. Karena buah dan sayur adalah sumber vitamin, serat dan juga mineral yang sangat penting bagi anak. Kemungkinan anak Anda tidak akan menyukai buah apalagi sayuran. Namun saat menyajikan jenis buah dan sayuran sebaiknya tidak ditambahkan banyak gula atau garam. Ini akan mengurangi fungsi dari buah dan sayur tersebut sebagai sumber nutrisi.

Untuk kebaikan anak, maka sebaiknya anak bisa konsumsi 2-5 sajian buah dan sayur setiap hari. Sayuran bisa dijadikan salah satu menu masakan untuk dimakan anak. Sementara buah-buahan bisa menjadi cemilan untuk anak di sela-sela jadwalnya.

2.      Biji-bijian Utuh

Penting juga memberikan anak makanan sehat bergizi yang didapat dari biji-bijian, terutama untuk biji-bijian utuh. Biji-bijian untuk banyak kandungan energi dan karbohidrat yang tinggi. Anda bisa mendapatkan kandungan tersebut dari roti gandum dan oatmeal.

Tetapi sebaiknya pilih varian biji-bijian yang rendah gula namun kaya serat sehingga membentuk pola makan anak lebih baik lagi. Anda bisa memilih roti gandum atau pun masih merah untuk kecukupan suratnya.

3.      Produk Susu

Susu tentu sangat baik untuk anak karena bisa menjadi salah satu sumber energi, sumber mineral dan sumber lemak. Anda disarankan untuk memberikan anak susu murni ataupun produk olahan susu lainnya. Misalnya saja produk olahan seperti keju dan yoghurt ini merupakan jenis makanan sehat. Anda bisa berikan sajian produk susu ini dua sampai tiga kali setiap hari.

4.      Salmon

Ikan namun terbukti punya kandungan omega-3 yang baik untuk kecerdasan otak anak. Tidak heran, para ibu berlomba-lomba untuk memberikan anak konsumsi ikan salmon sebagai konsumsi harian. Tidak hanya baik untuk kecerdasan otak, ikan salmon juga mampu mengurangi resiko inflamasi dan pencegahan depresi sejak dini.

5.      Telur

Cukupi kebutuhan protein anak juga sangat penting karena punya kandungan proteinnya yang tinggi. Anda bisa mencari sumber protein dari telur. Makanya makanan sehat bergizi ini dikonsumsi anak-anak. Telur juga punya kandungan vitamin di alami yang membantu tubuh dalam penyerapan kalsium lebih baik lagi.

6.      Cokelat

Konsumsi cokelat bukan sembarang coklat. Anda harus beli coklat yang berwarna hitam karena coklat semakin gelap maka semakin baik untuk dikonsumsi. Pada coklat hitam terdapat senyawa flavonoid, yang bisa tingkatkan fungsi kesehatan jantung, kulit dan juga mulut.

7.      Kayu Manis

Kayu manis adalah jenis rempah yang biasanya digunakan untuk memasak di dapur. Namun ternyata kayu manis juga baik untuk balita dan anak-anak sebagai penyeimbang kadar gula dalam tubuh. Konsumsi kayu manis dapat membantu tingkatkan energi pada anak, sehingga anak tidak akan malas-malasan ketika melakukan pekerjaan rumahnya atau lebih produktif di sekolah.

 

Nah itu tadi beberapa pilihan makanan sehat bergizi untuk anak. Anda bisa memilih untuk memberikan 7 jenis makanan di atas pada anak dengan berbagai olahan. Berbagai varian olahan makanan bergizi untuk anak, membantunya untuk tidak kebosanan makan makanan sehat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »