Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Motorik Kasar dan Halus serta Cara Mendukung Perkembangannya



Orang tua punya kewajiban memastikan anaknya tumbuh dan berkembang secara optimal. Penting juga untuk memahami pengertian motorik kasar dan halus serta tahu bagaimana cara mendukungnya. Kali ini akan dibahas lebih lengkap mengenai motorik kasar dan halus serta seperti apa langkah yang tepat untuk mendukung keduanya agar berjalan optimal.

Pengertian

Mari dimulai dulu dengan makna dari motorik kasar maupun motorik halus. Motorik kasar bisa dipahami sebagai gerakan tubuh yang akan melibatkan otot-otot besar di seluruh atau sebagian anggota tubuh. Biasanya motorik kasar ini akan dipengaruhi beberapa faktor seperti perkembangan fisik anak, usia, juga bobot tubuh. Contoh motorik kasar yakni kemampuan duduk, gerakan naik serta turun tangga, berlari, dan masih banyak lagi.

Sementara itu motorik halus adalah kemampuan anak yang berkaitan erat dengan keterampilan fisik. Motorik halus lebih banyak melibatkan otot kecil serta koordinasi mata dengan tangan. Contoh motorik halus di antaranya adalah kemampuan anak mengenali warna, menyusun puzzle, memasukkan benda ke dalam lubang, dan masih banyak lagi.

Pengertian motorik kasar dan halus ini penting untuk dipahami oleh orang tua sedini mungkin. Keduanya harus berjalan seimbang demi memastikan anak bertumbuh serta berkembang secara optimal. Baik motorik kasar maupun halus sama-sama memiliki laju perkembangan yang lancar sesuai dengan tahapan usia anak.

Mendukung Motorik Anak

Orang tua bisa memberikan dukungan optimal agar motorik anak berkembang lancar. Tak hanya perlu memenuhi kebutuhan gizi anak, orang tua juga harus memberikan pendampingan dalam setiap proses perkembangan sang buah hati. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendukung perkembangan motorik anak:

1. Berikan Stimulus

Anak sebenarnya memiliki kemampuan yang luar biasa dalam bertumbuh dan berkembang. Namun, kemampuan ini tidak akan bisa berkembang optimal jika tidak ada stimulus dari orang tua. Penting sekali untuk memberikan rangsangan kepada anak agar kemampuan motorik kasar maupun halusnya berkembang.

Sebagai contoh, orang tua harus rajin memberi stimulus agar anak mau merangkak. Ketika anak sudah bisa tengkurap dan mengangkat badannya, coba berikan rangsangan yang akan membuat anak merangkak. Caranya dengan meletakkan beberapa mainan favorit anak di hadapannya sehingga anak akan merangkak untuk meraih mainan tersebut.

2. Ajak Anak Beraktivitas Fisik

Orang tua harus aktif mengajak anak beraktivitas. Aktivitas fisik akan membantu perkembangan motorik kasar dan halus berjalan lancar. Misalnya dengan mengajak anak untuk bermain di halaman, berlarian, memanjat, dan lain sebagainya. Orang tua juga bisa mengajak anak bermain lempar bola atau permainan lain yang bisa melatih otot dan kekuatan fisik si kecil.

3. Berikan Mainan yang Tepat

Perkembangan motorik kasar dan halus juga bisa didukung dengan pemberian jenis mainan yang tepat. Pilihkan mainan yang bisa membantu anak untuk berkembang dengan baik. Misalnya, orang tua dapat mengajak anak bermain balok susun. Ini akan melatih perkembangan motorik halus si kecil dalam menyusun balok sekaligus mengenali berbagai jenis warna.

Puzzle juga bisa jadi jenis mainan yang sangat direkomendasikan untuk melatih perkembangan motorik halus anak. Bahkan untuk bayi newborn pun ada produk buku sensori yang akan mengasah motorik halus. Jadi memang sebenarnya sejak anak dilahirkan orang tua sudah bisa memberikan stimulasi yang tepat.

Itulah pembahasan singkat mengenai pengertian motorik kasar dan halus serta bagaimana cara untuk mendukung keduanya. Fasilitas dan dukungan dari orang tua akan sangat membantu anak tumbuh secara optimal. Imbangi juga dengan mencukupi kebutuhan gizi anak agar pertumbuhannya berjalan lancar.

8 komentar untuk " Pengertian Motorik Kasar dan Halus serta Cara Mendukung Perkembangannya"

  1. I really enjoy your web’s topic. Very creative and friendly for users. Definitely bookmark this and follow it everyday. 바둑이사이트넷

    BalasHapus
  2. This piece of writing is in fact a nice one it assists new web viewers, who are wishing for blogging.

    토토사이트
    온라인경마
    카지노사이트
    토토

    BalasHapus
  3. I wanted to thank you ffor this very good read!! I definitely enjoyed
    every bit of it. I have got you book-marked to look at new thinggs you post
    writing business plan services

    메이저사이트
    온라인경마
    카지노사이트
    토토

    BalasHapus
  4. A lot more peoople must read his and understand this siode of thhe story.
    I was surprised that you're not more popular since you definitely possess the gift.

    majortotosite
    racesite
    oncasinosite
    totopick

    BalasHapus
  5. I usually prefer to read the top quality content material. Thanks for sharing.
    온라인카지노
    바카라사이트
    카지노사이트
    온라인카지노

    BalasHapus
  6. Nice Blog. Thanks for sharing with us. Such amazing information.

    Tips to optimize anchor text for your website

    BalasHapus