Cara Menambah Berat Badan Bayi Dalam Kandungan 8 Bulan

Januari 13, 2019
Memasuki masa kehamilan trimester terakhir namun berat badan janin dalam kandungan terlalu rendang mungkin sering membuat khawatir dan panik. Terlebih lagi jika hamil anak pertama. Meskipun begitu Anda tak perlu merasa khawatir, pasalnya ada cara menambah berat badan bayidalam kandungan di masa kehamilan 8 bulan. Berikut beberapa tipsnya.



Minum Susu untuk Kehamilan


Cara menambah berat badan bayi dalam kandungan selama masa kehamilan 8 bulan adalah degan mengonsumsi susu khusus ibu hamil. Susu khusus ibu hamil juga tetap perlu untuk Anda konsumsi ketika berat badan janin terlalu rendah. Ada banyak sekali jenis susu untuk ibu hamil yang dijual di pasaran sehingga Anda tak perlu bingung asalkan cocok. 


Bagi ibu hamil yang memiliki berat badan janin rendah sangat direkomendasikan untuk mengonsumsinya setiap pagi, siang, bahkan malam hari. Ya konsumsi 3 kali sehari agar mendapatkan penambahan berat badan janin yang signifikan. Pastikan Anda lakukannya secara rutin. Biasnya cara yang satu ini memiliki pengaruh yang besar terhadap berat badan janin.

Makan Es Krim


Demi memaksimalkan perkembangan janin menuju proses persalinan, untuk menambah berat badannya bisa Anda coba dengan cara makan es krim setiap hari. Meskipun begitu Anda juga tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Selain itu, pastikan bahwa es krim yang Anda konsumsi mengandung gula asli dan ekstrak susu agar tidak menyebabkan lu dan batuk.

Mengonsumsi Coklat


Selain es krim, coklat juga merupakan makanan yang dapat Anda konsumsi guna menaikkan berat badan bayi mendekati masa kelahiran. Meskipun dianjurkan, pastikan Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan sehingga berdampak buruk bagi kesehatan. Milk chocolate lebih dianjurkan untuk dikonsumsi karena lebih manis dari dark chocolate.

Makan Alpukat


Buah alpukat juga bisa Anda manfaatkan untuk menambah berat badan bati dalam kandungan. Pasalnya alpukat merupakan buah yang mengandung lemak sehat dan sangat baik untuk meningkatkan berat badan janin pada usia kehamilan 8 bulan. Buah alpukat sendiri sudah terbukti mengandung lemak baik sehingga aman dikonsumsi oleh ibu hamil setiap hari.

Makan Kacang-kacangan


Selain buah alpukat, kacang-kacangan juga termasuk ke dalam jenis makanan yang mengandung lemak tak jenuh sehingga aman untuk dikonsumsi. Paling tidak konsumsilah sebanyak 2 sampai 4 porsi per hari hingga menjelang proses persalinan agar berat badan janin semakin bertambah. Jadikan kacang-kacangan sebagai camilan sehat dalam batas yang wajar.

Mengonsumsi Keju


Selain cokelat, susu, dan es krim, keju juga merupakan jenis makanan yang dapat Anda konsumsi untuk menaikkan berat badan janin. Tambahkan keju pada menu makanan yang Anda konsumsi setiap harinya secara rutin agar berat badan janin semakin bertambah. Hal ini memungkinkan janin memperoleh asupan kalori tambahan. 


Pada umumnya, berat badan janin pada masa kehamilan 8 bulan berkisar antara 1.7 hingga 2 kg. Namun jika bayi Anda memiliki berat badan kurang dari 1,7 kg, maka konsumsilah makanan di atas sebagai cara menambah berat badan bayi dalam kandungan. Dapatkan berbagai tips seputar kehamilan lainnya di orami.co.id.

Artikel Terkait

First