Ini Dia Manfaat Temulawak Untuk Beberapa Penyakit Berat

Maret 21, 2019



Berfaedah.com- Menjaga kesehatan tubuh merupakan salah satu kewajiban yang harus kita lakukan sebagai wujud rasa syukur kita sebagai manusia kepada Tuhannya. Nah salah satu cara dalam menjaga kesehatan ini adalah dengan menjaga makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Namun datangnya penyakit terkadang tidak bisa kita sangka-sangka. Apalagi penyakit yang terbilang berat dan mematikan. Nah kali ini ada salah satu jenis rempah-rempah yang ternyata tidak hanya dapat digunakan sebagai bumbu dapur. Akan tetapi juga ternyata bisa sangat bermanfaat untuk menyembuhkan beragam penyakit berat. Tak salah lagi jenis rempah ini adalah temulawak.


Temulawak sendiri memang dikenal sebagai salah satu rempah-rempah yang legendaris di Negara Indonesia ini. Khasiat yang paling terkenal dari temulawak ini adalah untuk menambah nafsu makan yang mana akan dapat menambah berat badan anak. Tak heran jika anak yang memiliki nafsu makan buruk biasanya akan disarankan untuk minum jamu temulawak. Nah ternyata selain dapat meningkatkan nafsu makan anak, temulawak ini juga memiliki khasiat yang sangat luar biasa. Ia memiliki peran yang sangat penting untuk dijadikan obat bagi sebagian besar penyakit-penyakit berat. Nah diantara penyakit tersebut adalah seperti :
  1. Kanker. Nah diantara jenis kanker yang bisa disembuhkan dengan memanfaatkan temulawak ini adalah seperti kanker prostat yang biasanya dialami oleh kaum pria, kanker payudara yang biasanya dialami kaum wanita, dan kanker usus. Penyembuhan kanker dengan menggunakan temulawak ini telah dibuktikan dengan adanya penelitian yang telah dilakukan oleh pihak university of Maryland medical center. Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa temulawak memang mengandung suatu nutrisi khusus yang mana sangat efektif untuk membantu membunuh sel kanker dan mencegahnya untuk semakin berkembang.
  2. Membantu penyembuhan gangguan radang sendi. Radang sendi kini tidak hanya dialami oleh orang yang berusia lanjut. Bahkan radang sendi ini bisa menyerang siapa saja seperti anak muda dan orang dewasa. Nah saat diserang penyakit ini maka aka nada gangguan kaku pada bagian sendi tertentu. Maka salah satu solusinya adalah dengan mengkonsumsi temulawak. Temulawak dipercaya dapat melemaskan persendian yang kaku dan dapat mengatasi rasa sakit pada peradangan sendir yang terjadi. Hal ini diperkuat dengan suatu penelitian yang menyatakan bahwa temulawak memiliki efek samping yang hampir sama dengan ibuprofen yang merupakan obat bagi para penderita radang sendi.
  3. Mengatasi keracunan. Seseorang yang mengalami keracunan jika tidak ditangani dengan baik maka bisa jadi akan berujung pada kematian. Oleh karenanya racun dalam tubuh harus sesegera mungkin dikeluarkan dari dalam tubuh penderita. Nah temulawak ini dipercaya mengandung suatu nutrisi yang mana dapat melancarkan pengeluaran toksin atau racun dari dalam tubuh. 
  4. Mencegah gangguan gagal ginjal. Gagal ginjal merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan yang berat dan bisa juga berujung pada kematian. Nah mengkonsumsi temulawak akan dapat membantu mencegah anda dari resiko terkena gagal ginjal. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya kandungan minyak asiri dalam temulawak yang dipercaya dapat mengoptimalkan fungsi ginjal.
Nah dari semua manfaat temulawak yang telah disebutkan di atas hanyalah sebagian dari banyaknya manfaat temulawak bagi kesehatan. Dengan bukti penjelasan di atas maka anda kini tidak bisa meremehkan lagi jenis rempah berfaedah yang satu ini yaa. Selain mudah dicari, temulawak juga akan menjadi solusi yang lebih hemar dibandingkan konsumsi obat.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »