Jenis-Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Kantor

Maret 23, 2019



Rasa pegal bagi para pekerja kantoran seperti kita tentu bukan hal baru. Tuntutan untuk sering duduk di depan meja berjam-jam membuat tubuh seperti ‘ambruk’ dan rasa itu terakumulasi setelah melewati perjalanan pulang hingga sampai di rumah. Perlu kamu ketahui, terlalu lama duduk, apalagi setiap hari, dapat memicu berbagai penyakit. Seperti jantung, diabetes, hingga obesitas.

Penyakit-penyakit tersebut memang terdengar sangat serius. Meski kita sudah bayar BPJS kesehatan untuk meringankan berbagai biaya pengobatan, tapi bagaimanapun kesehatan tubuh harus selalu dijaga. Cobalah untuk menimimalisir potensi penyakit akibat kebanyakan duduk dengan melakukan gerakan-gerakan olahraga yang dapat kamu lakukan di kantor tanpa ribet.

     1.  Gerakan duduk-berdiri berulang

Gerakan ini terbilang olahraga paling basic yang bisa kamu lakukan langsung di tempat duduk kamu. Pastikan posisi bahu tetap terbuka dan punggung dalam keadaan tegap, lalu mulailah gerakan duduk kemudian berdiri, dan kembali duduk berulang kali tanpa berpegangan pada benda sekitar.

     2.  Gerakan angkat bahu

Duduklah setegap-tegapnya, lalu angkat kedua bahu hingga mencapai dekat telinga. Tahanlah napas beberapa detik, kemudian kembalikan posisi bahu seperti semula. Lakukan gerakan ini beberapa kali sebelum kamu kembali bekerja.

     3.  Gerakan peregangan punggung

Duduklah di bagian ujung depan kursi, lalu dorong kedua kaki ke depan. Kemudian tundukan badan kamu hingga menyentuh kaki atau paha dan tahan sekitar 20 hingga 30 detik. Kembalikan lagi posisi badan, lalu ulangi gerakan tersebut beberapa kali.

     4.  Gerakan peregangan kaki

Bersandarlah pada sandaran kursi kamu dengan santai. Lalu angkat salah satu kaki kamu hingga menyentuh dada dan peluk kaki tersebut. Tahan kaki yang diangkat selama 20 hingga 30 detik. Lakukan dan ulangi gerakan yang sama untuk kedua kaki.

     5.  Gerakan push up meja

Mirip dengan gerakan push biasa, tapi bedanya push up menja menjadikan meja kerja kamu sebagai tumpuan tangan. Kalau tangan sudah bertumpu pada meja, mulailah gerakan push up minimal 20 kali.

     6.  Gerakan peregangan leher

Jangan dulu menarik urat leher secara kasar. Gerakan peregangan leher bisa kamu lakukan dengan cara yang lebih lembut, namun tetap efektif. Duduklah dengan tegak, lalu miringkan kepala kamu ke kiri atau kanan, angkat sisi tangan yang berlawanan dengan arah kepala dimiringkan, dan tahan selama 20 detik. Lakukan gerakan ini untuk sisi kiri dan kanan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »