4 Trik Mengatur Keuangan Bisnis dengan Sederhana

Oktober 24, 2020

Manajemen keuangan adalah ilmu sekaligus keterampilan yang wajib dimiliki oleh pemilik usaha baik kecil atau pun besar. Tanpa pengetahuan mengatur keuangan maka pengelolaan bisnis pun akan kacau meski memiliki peluang dan pangsa pasar yang besar. Di zaman seperti sekarang bisnis kian digemari termasuk oleh anak-anak muda yang bahkan tak memiliki latar belakang ilmu bisnis. Oleh sebabnya penting untuk mengetahui cara mengatur usaha tersebut.

Ilmu mengelola keuangan bisnis sebenarnya cukup kompleks bahkan perlu waktu khusus untuk memahaminya. Namun, seseorang harus fleksibel agar mudah mengikuti perkembangan zaman termasuk bisnis yang sangat dinamis. Pemuda yang mulanya tidak  mengetahui sama sekali ilmu bisnis ini pun bisa mempelajarinya secara otodidak dan sambil berjalan. Jika sebuah usaha sudah berjalan, setidaknya terapkan trik mengatur keuangan yang sederhana sehingga bisa diterapkan siapa pun, simak ulasannya.

Buat Perencanaan Umum

Buatlah perencanaan umum dalam periode panjang atau lebih dari setahun dan periode pendek atau kurang dari setahun. Rencanakan target penjualan, strategi, program apa yang akan dijalankan, bagaimana menjalankannya, berapa dana yang perlu dikeluarkan hingga dari mana dana yang akan digunakan tersebut.

Semakin detail rencana maka semakin baik pula perencanaan umum tersebut. Kemudian akan lebih baik lagi jika dibagi menjadi rencana triwulan, bulanan dan mingguan. Tak terkecuali rencana pendapatan harus dijabarkan dan harus memenuhi kebutuhan modal.

Rencanakan Bujet Secara Rutin

Semua kebutuhan dan pemasukan harus dianggarkan se-detail mungkin untuk menjadi pedoman dan penilaian efektif atau tidak usaha yang sudah dijalankan. Budgeting ini menjadi patokan atau ukuran di akhir periode, apakah realisasi sudah sesuai dengan yang dianggarkan, lebih kecil atau bahkan lebih besar. Dengan cara ini pula, pengusaha bisa mengerem apa yang seharusnya dan tidak seharusnya dilakukan demi ketercapaian target.

Awasi Arus Kas

Manajemen keuangan yang paling sulit namun wajib dilakukan ialah mengawasi atau mengontrol arus keuangan. Anda perlu tahu dari mana dan ke mana saja kas usaha dan jika memang arus kas keluar apakah efektif dan efisien untuk dilakukan.

Perlu ketelitian tinggi dan paham prosedur keuangan agar arus kas usaha stabil atau bahkan perputaran keuangan kembali dengan cepat. Jika diperlukan, gunakanlah orang yang ahli di bidangnya atau menggunakan aplikasi yang kini dinilai lebih efektif dan efisien.

Gunakan Laba untuk Kembangkan Usaha

Dan yang terakhir jika ingin usaha Anda bertahan dan berkembang semakin baik ialah manfaatkan sebagian keuntungan untuk mengembangkan usaha lebih besar lagi. Sebaiknya jangan habiskan keuntungan usaha 100% untuk pribadi. Tetapi sisihkan untuk membeli peralatan untuk menambah produksi, menambah karyawan atau membuka cabang baru.

Manajemen keuangan usaha memang tidak mudah namun menjadi tidak sesulit yang dibayangkan jika memanfaatkan kecanggihan teknologi. Saat ini sudah banyak aplikasi keuangan yang gratis untuk memudahkan menyimpan data keuangan dan menghasilkan laporan keuangan secara realtime. Bukukas misalnya yang selain memiliki banyak fitur keuangan juga sangat mudah dilakukan bahkan oleh Anda yang tidak memiliki basic ilmu ekonomi. Dengan begitu, pengeluaran untuk gaji karyawan akuntan pun bisa dikurangi karena Anda bisa melakukannya sendiri.

 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »