Cara Mencegah Hasil Pertanian Membusuk dan Tetap Segar

Februari 20, 2021

 



 

Mengolah atau mengonsumsi hasil pertanian yang masih segar menyehatkan sangatlah menyenangkan. Namun sering kali sayuran atau buah yang baru saja dibeli cepat busuk atau layu sehingga tidak bisa dikonsumsi atau bahkan terpaksa dibuang.

 

Sayur dan buah-buahan merupakan hasil panen yang mudah busuk dan tidak bisa bertahan dalam waktu lama. Oleh sebab itu, penting untuk menjaganya tetap segar dengan berbagai cara yang tepat agar bisa disimpan dalam waktu lama. Berikut ini adalah cara mencegah hasil panen agar tidak membusuk yang dapat diterapkan.

 

Cara Atasi Supaya Hasil Pertanian Tidak Busuk Dan Tetap Segar

 

1.     Memperhatikan proses pemberian pupuk

Dalam menjaga hasil pertanian agar tidak mudah busuk dilakukan sejak dini bahkan ketika masih menancap sebagai tanaman. Berikan pupuk terbaik agar tanaman menghasilkan sayur yang berkualitas. Akan lebih bagus jika diberikan jenis organik baik itu kompos maupun kandang agar tanaman bebas dari bahan kimia serta hasil lebih memuaskan.

 

Selain pupuk organik, garam merupakan salah satu pupuk yang dapat menghambat pembusukan. Kandungan dalam garam sudah dikenal sejak dahulu sebagai pengawet, hal tersebut juga berlaku untuk tanaman. Berikan satu sendok garam pada tanah setidaknya satu minggu sekali.

 

2.     Berhati-hati ketika panen

Panen merupakan bagian paling ditunggu, namun perlu diketahui bahwa panen harus dilakukan dengan hati-hati supaya tidak melukai permukaan atau kulit buah atau sayur. Jika tidak, ia akan mudah busuk karena kulit merupakan perisai yang melindungi inti buah atau sayur. Selain itu, penting untuk memperhitungkan waktu panen agar tidak terlalu awal atau terlalu lambat.

 

Pemilihan waktu yang tepat membuat hasil panen berkualitas dan memiliki harga jual yang cukup tinggi layaknya bahan makanan yang terdapat di tanihub.com. Pada aplikasi tersebut semua bahan makan dan minuman diperoleh dari petani seluruh Indonesia.

 

3.     Menyortir dan membersihkan dengan air

Usai panen jangan lupa untuk menyortir mana hasil pertanian yang bagus dan tidak. Hasil panen yang buruk bisa menular ke bagian yang masih sehat, sehingga penting untuk memilahnya. Di samping itu, penting pula untuk membersihkannya menggunakan air mengalir agar semua pestisida atau debu menghilang.

 

Setelah mencuci semua hasil panen, keringkan di tempat yang bersih dan sejuk. Tunggu hingga semua kering sempurna karena jika buah atau sayuran masih basah mudah sekali busuk dan rusak.

 

4.     Kemas pada wadah kering

Supaya tidak hasil panen tetap segar sebaiknya dikemas dengan wadah tertentu. Gunakan wadah yang kering dan higienis agar bakteri tidak mudah berkembang. Untuk buah sebaiknya simpan dengan plastik, lalu seledri bungkus dengan aluminium foil supaya tahan lama.

 

Untuk bahan makanan yang mudah berlendir gunakan pembungkus kertas karena bisa menyerap dengan baik. Lalu hindari menumpuk sayur atau buah-buahan karena resiko busuk dan rusak lebih besar.

 

5.     Simpan di tempat yang sejuk

Setelah mengemas dengan baik, maka simpan bahan makanan tersebut di tempat yang sejuk dan kering. Agar tetap segar usahakan terhindar dari matahari dan simpan pada lemari pendingin. Apabila menyimpan di tempat terbuka hendaknya letakkan di dekat air seperti sebelah kran tempat mencuci piring.

 

Itulah ulasan tentang cara mengatasi hasil pertanian supaya tidak mudah busuk dan tetap terjaga kesegarannya. Agar semua hasil panen bisa bertahan lama terapkan semua cara di atas atau bisa juga diperoleh dengan gampang di tanihub.com yang menyediakan semua keperluan bahan pangan berkualitas.

 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »