Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Seputar Fisioterapi Dada

April 05, 2021

 

 




Sejauh ini bagi tenaga kesehatan dan tenaga medis mungkin tidak akan asing dengan yang namanya layanan fisioterapi. Namun tentunya kondisi semacam ini akan sangat berbeda dengan orang awam yang tidak begitu paham dengan dunia kesehatan. Jadi untuk yang belum paham, bahwa layanan fisioterapi adalah jenis layanan yang biasanya diberikan kepada mereka atau pasien yang sebelumnya memang sudah memiliki riwayat penyakit atau masalah yang terjadi pada fisik mereka pasca mengalami atau menderita suatu penyakit. Jadi adanya layanan fisiotarapi tersebut diharapkan nantinya bisa memberikan harapan dan juga bisa mengembalikan pasien dalam keadaan normal dan seperti sedia kala saat masih sehat, jadi dengan begitu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari juga tidak terganggu.

 

Dengan mendapatkan layanan fisioterapi tersebut diharapkan nantinya pasien bisa menggunakan tubuh mereka dengan normal dan tidak ada cacat fisik yang membuat kualitas hidup jelas juga akan berkurang. Lalu seperti apa yang dimaksud dengan fisioterapi dada? Merupakan salah satu jenis layanan dan tindakan yang dilakukan dengan cara melakukan teknik clapping atau menepuk-nepuk atau bisa juga disebut dengan teknik vibrasi yang dilakukan pada pasien yang biasanya memiliki riwayat gangguan sistem pernapasan.

 

Jadi untuk berbagai macam jenis fisioterapi yang berhubungan dengan dada ada banyak sekali dan berbeda-beda. kontradiksi yang diberikan layanan fisioterapi dada ini memang tidak hanya bagi mereka yang memiliki gangguan sistem pernapasan saja, akan tetapi juga bisa diberikan pada mereka yang memiliki beberapa masalah kesehatan seperti infeksi paru yang sudah berat, penyakit gagal jantung, status asmatikus dan tumor paru serta masih banyak lagi. Penasaran dengan apa saja jenis dan layanan fisioterapi yang diberikan pada dada pasien? Berikut ini jenisnya:

 

  • Vibrasi

Adalah salah satu jenis tindakan yang dikenal dengan sebutan tekanan bergetar yang akan dilakukan pada dada selama proses ekshalasi. Nantinya jika sudah dilakukan tindakan tersebut, diharapkan akan membantu pasien untuk meningkatkan turbulensi dan selain itu juga digunakan untuk meningkatkan ekshalasi udara dengan tujuan nantinya secret bisa bergerak dengan baik.

 

  • Perkusi dada

Dilakukan dengan cara memberikan pemeriksaan pada seluruh bagian dada yang dipercaya membutuhkan sekali yang namanya drainase. Jadi biasanya teknik ini dilakukan dengan cara tangan yang dibuat dan dibentuk yang mirip dengan cup dan dilanjutkan dengan ujung jari yang akan menyentuh ibu jari dan kemudian jari tadi akan diperkusikan pada bagian permukaan dada dengan gelombang frekuensi dan juga amplitude yang bervariasi dan ditentukan dengan cara menurut pada perubahan konsistensi dan lokasi pada sputum.

 

Untuk itu, apabila saat ini Anda sedang butuh sekali yang namanya layanan fisioterapi dada namun masih sangat bingung untuk menentukan pilihan kira-kira rumah sakit apa dan klinik mana yang terbaik untuk dijadikan pilihan, tidak perlu bingung karena sekarang sudah ada Aido Health yang sudah sangat terkenal sebagai salah satu klinik yang bisa memberikan berbagai macam jenis layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat termasuk untuk memberikan berbagai macam jenis layanan fisioterapi untuk berbagai macam keluhan kesehatan termasuk untuk fisioterapi yang dilakukan pada dada. Kenapa harus di Aido, karena di Aido Anda bisa mendapatkan jenis layanan fisioterapi yang bisa dilakukan di rumah dan dilakukan oleh tenaga medis dan dokter spesialis serta perawat yang sudah professional yang akan menangani Anda. jadi untuk kesembuhan dan layanan yang diberikan dijamin akan sangat bagus dan maksimal.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »