Agar Tidak Kambuh Lagi, Yuk Simak Cara Atasi Gejala GERD

November 20, 2021

 



Penyakit asam lambung atau yang lebih sering dikenal sebagai GERD, pada dasarnya merupakan sebuah kondisi ketika cairan asam lambung yang seharusnya tetap berada di dalam lambung justru naik hingga kerongkongan, bahkan tak jarang sampai keluar dan menyebabkan muntah. 

Umumnya kondisi semacam ini memang dapat terjadi pada siapa saja. Khususnya mereka dengan pola makan yang buruk. Tak bisa dibiarkan karena memang kondisi ini bisa sangat mengganggu aktivitas Kamu.

GERD ini dapat diketahui dari beberapa gejalanya, seperti diantaranya adalah rasa mual hingga muntah, kemudian juga sensasi panas di bagian dada, kesulitan dalam menelan makanan bahkan juga pahit di bagian mulut. 

Asam lambung pada dasarnya memang memiliki peran yang sangat penting dalam mencerna makanan. Namun jika seandainya berlebih dan sampai naik hingga kerongkongan, lama kelamaan akan menyebabkan iritasi pada bagian tersebut, bahkan tak jarang memicu luka.

Agar tidak semakin memburuk, maka penting sekali bagi Kamu untuk mengetahui cara atasi gejala GERD tersebut, berikut ini diantara langkah-langkah mudahnya, yaitu:

1. Perbanyak minum air putih, air putih ini tak hanya berguna mengatasi dehidrasi saja, melainkan manfaatnya lebih banyak dari itu, termasuk diantaranya ia juga sangat bagus dalam mengatasi iritasi yang terjadi pada saluran pencernaan, apalagi yang disebabkan oleh iritasi asam lambung ini. Bahkan air putih ini juga sangat baik untuk menetralkan asam lambung, konsumsi setidaknya 2 liter perhari dan rasakan manfaatnya.

2. Menghindari kafein, kafein ini terdapat pada beberapa jenis makanan dan minuman, termasuk diantaranya adalah kopi sampai dengan coklat. Meskipun punya efek yang membuat Kamu lebih semangat, namun beberapa orang justru tidak bisa mengonsumsi kafein karena memang bisa menyebabkan kenaikan asam lambung mereka, tentunya sangat berbahaya bukan. Jadi bagi yang punya GERD memang sangat disarankan untuk menghindari kafein ini.

3. Memperbanyak konsumsi serat, cara yang lainnya adalah dengan meningkatkan asupan serat Kamu, seperti dari buah-buahan maupun juga sayuran. Makanan yang tinggi kandungan serat nyatanya memang sangat bermanfaat untuk mengatasi GERD. Karena memang serat ini berfungsi untuk menyerap kelebihan dari asam lambung yang menyebabkan penyakit tersebut.

4. Mengonsumsi makanan dalam porsi kecil, namun lebih sering. Dibandingkan dengan makan sekali namun langsung dalam porsi yang besar. Maka Kamu dapat mencoba menyiasatinya dengan cara mengonsumsi makanan secara lebih sering, namun untuk porsinya sendiri diperhatikan lebih sedikit dari biasanya. Mengingat pada dasarnya mengonsumsi makanan secara berlebihan juga kurang baik bagi Kamu yang menderita GERD.

5. Biasakan untuk mengunyah makanan hingga halus sebelum menelannya, cara yang satu ini akan membantu lambung agar tidak bekerja terlalu keras. Membuatnya lebih optimal dalam mencerna makanan tersebut.

6. Konsumsi obat antasida, ada juga kategori obat yang tepat membantu dalam menetralkan asam yang ada di lambung. Termasuk dalam atasi gejala GERD yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat. Diantaranya adalah dengan mengandalkan Promag. Obat yang satu ini pada dasarnya mengandung bahan-bahan aktif yang bekerja untuk bantu redakan asam lambung, mengatasi gejala maag hingga perut kembung.

Promag ini sekarang hadir dalam banyak varian berbeda yang dapat disesuaikan dengan keinginan Kamu. Bahkan dapat dibeli dengan mudah di pasaran tanpa harus mengandalkan resep dokter. Patut untuk selalu sedia Promag ini di tas Kamu, jika gejala GERD kambuh maka bisa langsung digunakan.

Sekian informasi yang dapat saya berikan mengenai cara untuk mengatasi GERD semoga informasi di atas bermanfaat dan berguna dan terima kasih karena sudah membaca sampai dengan selesai, dan sampai jumpa lagi di pertemuan yang akan datang.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »