Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengulas Tentang Cara Membuat Oralit dan Aturan Minumnya

Oralit merupakan bahan yang mempunyai fungsi untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama mengalami diare. Selain ketika diare, bagi yang sering muntah juga bisa membuat oralit yang merupakan bahan untuk tetap mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Obat ini bisa dijadikan sebagai obat alami untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat diare. 

Akan tetapi hal yang harus diperhatikan adalah Kamu tetap harus mengonsumsi obat diare. Oralit hanya mencegah terjadinya dehidrasi, sedangkan untuk mengobati dan mengatasi diare tetap harus menggunakan obat diare yang bisa ditemukan di pasaran dengan mudah.

Oralit bisa dengan dibuat sendiri di rumah menggunakan bahan yang mudah atau dibeli kemasan. Hal tersebut sesuai dengan kebutuhan Kamu, tetapi umumnya memang banyak orang yang akan membuat oralit sendiri dengan bahan yang juga mudah ditemukan di rumah. Untuk cara membuat oralit yang mudah dilakukan di rumah adalah:

1. Pertama harus selalu memperhatikan kebersihan ketika membuat oralit. Sehingga cuci tangan terlebih dahulu dan bersihkan hingga kering untuk dapat menghindari oralit yang dibuat dapat tercemar dengan kuman dan bakteri.

2. Selanjutnya juga bisa siapkan bahan yang dibutuhkan untuk membuat oralit yaitu; gelas, wadah bersih, sendok, garam dapur halus, gula pasir halus, dan air matang.

3. Langkah membuat oralit juga mudah yaitu menyiapkan wadah bersih, masukkan ½ sdt garam dapur dan 8 sdt gula pasir ke dalam wadah, tambahkan 1 liter air matang, aduk rata selama 1 menit dan oralit siap diminum.

 

Selain mengetahui cara mudah membuat oralit yang benar dan tepat seperti di atas, hal lain yang perlu diperhatikan adalah dengan mengetahui waktu kapan meminumnya. Pertama adalah waktu untuk minum oralit ketika ada tanda-tanda kekurangan cairan ketika mengalami diare sehingga bisa diatasi dengan oralit. Beberapa contoh tanda kekurangan cairan yaitu:

Sering merasa haus secara terus menerus walaupun sudah minum.

Mulut terasa kering.

Mudah mengantuk.

Jarang buang air kecil.

Urine yang keluar akan berwarna kuning tua.

Mengalami sakit kepala dan pusing.

Kulit terlihat kering dan kusam.

 

Ketika membutuhkan oralit juga perlu untuk memberikan dalam takaran yang pas. Untuk takarannya sendiri berbeda sesuai dengan usianya yaitu bisa diberikan oralit dengan takaran berikut ini:

1. Oralit yang bisa diberikan untuk bayi dan anak usia kurang dari 2 tahun adalah maksimalnya 0,5 liter per 24 jam dan diberikan sedikit-sedikit.

2. Oralit untuk anak usia 2-9 tahun adalah 1 liter per 24 jam diberikan sedikit-sedikit.

3. Anak usia lebih dari 10 tahun hingga dewasa bisa diberikan oralit 2-3 liter per 24 jam.

 

Sedangkan untuk oralit bagi yang mengalami diare juga perlu mempunyai takaran yang pas yaitu:

1. Untuk anak kurang dari 1 tahun diberikan oralit dengan dosis 50-100 ml.

2. Untuk anak usia 1-4 tahun bisa diberikan oralit 100-200 ml.

3. Untuk anak usia lebih dari 5 tahun bisa diberikan oralit 200-300 ml.

4. Untuk dewasa bisa diberikan oralit 300-400 ml.

 

Oralit bisa dijadikan sebagai pertolongan pertama untuk menghindari terjadinya dehidrasi atau bisa mencegah dehidrasi menjadi lebih parah sehingga mengalami dehidrasi berat. Sehingga ketika sudah minum oralit dan obat diare tetapi penderitanya masih mengalami tanda yang berbahaya seperti darah pada tinja atau feses, demam tinggi, dehidrasi berat, dan juga muntah terus menerus. Maka sebaiknya segera di periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis dengan segera.

 

 


7 komentar untuk " Mengulas Tentang Cara Membuat Oralit dan Aturan Minumnya"


  1. It’s very trouble-free to find out any matter on web as compared to
    books, as I found this article at this web site. 바카라사이트

    BalasHapus
  2. Thank you for sharing this information. I'm glad that I came across your post. 바카라사이트

    BalasHapus
  3. It’s really a great and helpful piece of information. I’m glad that you just shared this helpful information with us. Please stay us informed like this. 바둑이게임

    BalasHapus
  4. The blog you have written is precise. For some reason I found great interest in reading it and I would like to share it as well. 바카라사이트

    BalasHapus
  5. This article has proven useful to me. Its awesome, thanks! 온라인카지노사이트

    BalasHapus