Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tidak Boleh Sembarangan, Inilah Cara Merawat Luka Bekas Operasi dengan Benar



Ada beberapa gangguan kesehatan atau penyakit yang dialami seseorang, dimana hal tersebut membuatnya harus melakukan tindakan operasi untuk menyembuhkan. Tak cukup hanya sekedar pengobatan biasa, operasi terkadang memang dibutuhkan untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut. Memang agak menakutkan bagi sebagian orang, namun jika ini adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan kesembuhan dari penyakit yang diderita, tentunya harus tetap dilakukan bukan.

 

Tindakan operasi ini harus dilakukan oleh ahlinya, pasca operasi nantinya pasien juga tidak boleh langsung menjalankan aktivitas, apalagi jika seandainya operasi tersebut juga meninggalkan luka, seperti operasi bedah misalnya. Anda harus tahu bagaimana caranya untuk merawat luka bekas operasi. Apalagi memang ada banyak kasus dimana perawatan yang dilakukan sembarangan beresiko tinggi menyebabkan infeksi, bahkan juga masalah atau gangguan kesehatan yang lebih serius.

 

Apalagi pada dasarnya juga ada beberapa hal yang meningkatkan resiko luka tersebut nantinya akan mengalami infeksi, seperti diantaranya adalah perokok, orang dengan diabetes melitus, lansia, orang-orang dengan kekebalan tubuh yang lemah san sejenisnya. Berikut ini diantaranya ada beberapa cara dalam merawat luka bekas operasi secara tepat, sehingga nantinya juga akan mempercepat kesembuhan Anda bukan, yaitu:

 

  1. Jaga luka agar tetap kering, ketika luka basah atau lembab maka akan lebih mudah untuk di infeksi bakteri. Ditambah lagi hal ini akan membuat luka lebih lama sembuhnya. Untuk itu dalam kurun waktu 24 jam atau sehari, maka penting sekali bagi Anda paling tidak untuk memastikan bahwa luka tersebut tidak basah. Jangan mandi terlebih dahulu, hanya basuh bagian tubuh yang tidak terluka.
  2. Batasi aktivitas pada tempat luka tersebut, hal penting lainnya adalah jangan terlalu banyak bergerak, khususnya pada tempat yang masih mengalami luka tersebut. Misalnya jika ada di bagian perut, maka jangan banyak bergerak di area tersebut. Hal ini akan membantu dalam mempercepat proses pemulihan Anda tersebut.
  3. Jagalah luka agar tetap bersih, penting juga untuk memastikan agar nantinya luka tersebut tidak kotor. Harus selalu bersih sehingga dapat mengurangi resiko infeksi. Sehingga usahakan untuk secara rutin membersihkan area yang terluka, serta mengganti perbanyak jika memang diperlukan.
  4. Gunakan plester yang sesuai dengan luka, ada banyak sekali plester yang dijual di pasaran, umumnya punya fungsi yang berbeda-beda pula. Beberapa diantara jenis plester bahkan dapat membantu untuk melindungi dari air, sehingga nantinya air juga tidak akan mudah meresap masuk kedalam bagian yang terluka tersebut, aman dipakai bahkan ketika Anda mandi. pilih yang sesuai dengan kebutuhan.
  5. Terapkan pola hidup sehat, guna mengimbanginya maka Anda juga harus ikut menerapkan pola hidup sehat, membatasi jenis makanan ataupun minuman yang banyak mengandung gula. Hal ini penting dilakukan untuk membantu agar nantinya luka jadi cepat sembuh.
  6. Jangan lupa untuk minum obat yang diberikan oleh dokter secara teratur, obat dari dokter biasanya membantu mengurangi resiko terjadinya infeksi, namun harus dikonsumsi secara teratur.

 

Jika seandainya Anda tidak bisa merawat sendiri luka tersebut, maka juga tak perlu khawatir karena memang ada jasa perawat yang akan membantu Anda. Masalah mengganti perban dan sebagainya bisa dipercayakan kepada mereka. Bahkan juga ada layanan yang dapat dipanggil ke rumah, diantaranya dapat Anda pesan secara mudah yaitu melalui aplikasi Aido Health.

 

Posting Komentar untuk " Tidak Boleh Sembarangan, Inilah Cara Merawat Luka Bekas Operasi dengan Benar"